Ini Dia Perbedaaan Teknik Sablon

Zaman yang terus berkembang pesat juga berimbas pada teknologi yang dipakai untuk industri, bukan hanya untuk industri besar macam pabrik garment, usaha-usaha kecil dan UMKM juga ikut merasakan imbasnya, salah satu usaha yang juga ikut berkembang adalah usaha Sablon. 

Jual Polyflex chemica

Dulu kita hanya mengenal sablon manual namun sekarang sudah banyak teknik sablon baru diciptakan mulai dari teknik DTG dan cutting yang memungkinkan produksi dilakukan secara massal dengan waktu cukup cepat dan hasil yang memuaskan.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk membuka usaha sablon, sebelumnya wajib tahu apa saja perbedaan teknik sablon yang sedang marak sekarang ini, agar bisa memilih teknik mana yang akan dipakai.

Pada dasarnya ada tiga teknik yang biasa digunakan. Pertama teknik sablon manual, teknik sablon DTG, dan terakhir teknik sablon cutting. Namun jangan salah ada beberapa situasi,yang mengharuskan ketiga teknik ini saling berkolaborasi untuk menampilkan hasil akhir yang memuaskan bagi penggunanya.

Langsung saja, ini dia perbedaan ketiga teknik tersebut.

Sablon Manual
Sablon konvensional ini menggunakan peralatan yang tergolong sederhana dan masih mengandalkan kemampuan dari pekerjanya untuk dapat menghasilkan desain pada media yang digunakan. Biasanya juga ada minimum order dan tidak dapat dipesan satuan, karena prosesnya cukup rumit dan memakan biaya produksi yang tidak sedikit. 

Proses pengerjaannya lebih lama bahkan bisa memakan waktu seharian (tergantung dari jumlah pesanan) untuk memberikan warna pada kaos. Tak hanya satu kali, proses gesut tinta warna harus dilakukan berulang kali jika warna pada desain juga banyak. Semakin banyak warna, semakin lama prosesnya karena harus memecah masing-masing warna.

2. Sablon DTG
Dinamakan DTG atau Direct to Garment, karena teknik ini memang menggunakan mesin sablon berteknologi tinggi selayaknya printer yang langsung mencetak pada kertas. Mesinnya khusus dan menggunakan tinta tekstil untuk menjaga kualitas warna. 

Dari segi proses memang jauh lebih mudah dibandingkan sablon manual karena printer tinggal mencetak pada kaos, baik gambar berupa vektor, gambar full colors maupun foto secara langsung.

3. Sablon Cutting
Teknik yang satu ini dilakukan seperti cara pembuatan stiker cutting, hanya saja ditempel ke media kaos atau kainnya. Desain dicetak pada bahan Polyflex yang juga memiliki berbagai jenis lagi tergantung keperluan, kemudian dipotong dengan bantuan mesin cutting stiker. Stiker yang sudah dipotong kemudian tinggal disesuaikan dengan posisi yang diingikan dan ditekan menggunakan mesin hot press agar melekat dengan kuat.

Teknik ini yang sekarang lagi booming, pasalnya sudah banyak yang Jual Polyflex chemica, bukan hanya dipasar offline, pasar online juga sudah banyak yang Jual Polyflex karena pangsa pasar yang sangat besar akhir belakangan ini jadi pengusaha sablon tak akan kekurangan bahan baku.
Ini Dia Perbedaaan Teknik Sablon Ini Dia Perbedaaan Teknik Sablon Reviewed by Erna Wati on April 22, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar