Tips Berpuasa Agar Kuat Dan Sehat 2019

Tanpa terasa kurang lebih 10 hari lagi kita sudah kembali memasuki bulan suci bulan penuh makna yakni bulan puasa ramadhan ya. Sudahkah kalian berbelanja berbagai keperluan grosir lebaran dan puasa. Kalau belum mungkin kalian saat ini sudah mulai saatnya mengumpulkan uang dan berbelanja berbagai keperluan tersebut. 

Grosir Lebaran

Pada artikel kali ini aku ingin sharing sedikit tips yang berkaitan dengan bulan puasa yaitu tips bagaimana menjalankan ibadah puasa agar tetap selalu sehat dan segar dalam beraktivitas sehari hari.

Seperti yang kita semua ketahui dalam menjalankan ibadah puasa otomatis akan mengubah jadwal makan dan juga jadwal tidur kita yang mana itu bisa saja menggangku fisik kalian dalam satu bulan penuh selama bulan ramadhan tersebut. Berikut ini ada beberapa tips agar kuat dan sehat walaupun menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh yang artikelnya kudapat dari berbagai sumber hasil membaca baca artikel di laman internet.

1. Berkonsultasi mengenai ketahanan tubuh dengan dokter
Lebay gak sih ke dokter dulu untuk konsultasi keadaan tubuh kita sebelum berpuasa? Memang diangkap lebay tapi tidak ada salahnya untuk memeriksakan kesehatan kalian kedokter sebelum bulan puasa, hitung hitung sekalian check up keadaan kalian yang mungkin hampir tidak pernah memeriksakan kesehatannya ke dokter ahli.

Apalagi untuk anda ibu hamil, orang yang sudah berumur atau dewasa dan memiliki riwayat penyakit seperti diabetes akan sangat dianjurkan konsultasi kepada dokter agar kondisi tubuh anda bisa menyesuaikan .

2. Jangan makan terlalu banyak waktu berbuka puasa
Tips nomor dua ini mungkin sudah sering kalian dengar atau baca kan, iya hal ini memang sangat disarankan oleh banyak orang yaitu pada saat buka puasa janganlah makan dan minum berlebihan walaupun kalian mungkin sangat tergoda karena sudah lama menahan lapar.  Disarankan pada saat berbuka anda cukup makan salad atau sup yang menyehatkan saja terlebih dahulu lalu solat magrib dan baru setelah itu makan makanan berat secukupnya. 

Menu makanan untuk berbuka puasa juga perlu diperhatikan harus yang menganduk sayuran, protein dan biji bijian. Sangat dianjurkan pada saat bulan puasa dalam sehari kalian bisa makan 5 porsi buah dan sayuran.

3. Menghindari Dehidrasi Dan Terik Matahari Secara Langsung
Salah satu hal terberat dalam menjalankan puasa salah satunya ialah menahan haus, terkadang kita bisa saja tidak lapar namun pada saat siang hari apalagi pada saat panas panasnya rasa haus itu terkadang tidak mudah untuk ditahan. Nah untuk menghindari hal ini terjadi sebaiknya kalian jangan terlalu sering atau terlalu lama beraktifitas di tempat yang mendapat sinar matahari terik secara langsung. Agar tetap bugar saat berpuasa kalian juga sebaiknya menghindari yang namanya olahraga berat. 

Namun karena gara gara kalian takut dehidrasi atau sering kehausan kalian lantas meminum banyak banyak air juga ternyata kurang baik sekaligus dan juga jangan terlalu banyak minum teh dan kopi saat sahur. Mengkonsumsi buah buahan pada saat sahurlah yang dianjurkan agar tidak mudah haus pada siang harinya. Kandungan air yang terdapat dalam buah yang kalian konsumsi ternyata sangat manjur untuk membuat anda tidak cepat dehidrasi pada siang hari.

4. Perbanyak beribadah dan jauhi hal hal yang mengundang dosa
Memang sudah seharusnya bagi umat muslim untuk beribadah sesuai kewajibannya setiap hari dan juga terlebih di bulan suci ramadhan.  Berbagai ibadah yang mungkin bisa dilakukan pada saat bulan puasa terukhus ialah perbanyak membaca Al Quran, perbanyak solat sunat dan beritikaf di masjid. Selain itu kalian khususnya anak muda juga sebaiknya menghindari hal hal yang mengundang dosa seperti jalan jalan bersama pacar atau teman bukan muhrimnya dengan alasan ngabuburit.

Semoga bermanfaat dan selamat menyambut bulan ramadhan 2019 untuk kalian semua.

Tips Berpuasa Agar Kuat Dan Sehat 2019 Tips Berpuasa Agar Kuat Dan Sehat 2019 Reviewed by Erna Wati on April 24, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar