Ini Manfaat Cuci AC Untuk Kesehatan Anda

Air Conditioner atau AC maerupakan perangkat elektronik yang hampir bisa ditemui disetiap ruangan rumah atau kantor di Indonesia, pasalnya perangkat elektronik ini merupakan solusi paling jitu mengtasi udara panas yang merupakan “makanan” sehari-hari masyarakat Indonesia yang punya iklim tropis.

Layaknya perangkat elektronik pada umumnya penggunaan yang terus menerus pasti akan membuat performanya menurun, untuk itulah perangkat elektronik ini harus diservice secara berkala minimal dilakukan Cuci AC agar performanya terjaga. 

Cuci AC

Pada umumnya masyarakat hanya tahu AC sebagai alat untuk mendinginkan ruangan disaat udara yang panas, padahal masih banyak manfaat AC yang untuk kesehatan kita, diantaranya:

Mencegah gangguan pernapasan
Salah satu manfaat AC yang belum banyak orang tahu adalah mengurangi risiko terkena gangguan pernapasan, terutama jika Anda tinggal di daerah yang berdebu dan dengan tingkat polusi tinggi. Sebab, AC dilengkapi dengan penyaring udara untuk mencegah masuknya polusi ke dalam ruangan. Agar lebih aman, pastikan Anda selalu membersihkan AC dengan cara service cuci AC secara rutin.

Menurunkan Suhu Badan
Ketika mengalami heatstroke, tubuh akan terasa sangat panas, bahkan merasa akan pingsan karena tubuh terpapar suhu yang panas dalam jangka waktu lama. Dalam kondisi ini, AC bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu menurunkan suhu tubuh. Dengan memanfaatkan udara dingin AC, suhu tubuh akan lebih cepat kembali normal.

Relaksasi
AC yang menyejukkan akan memberikan kenyamanan dan mengurangi tingkat stres dari diri seseorang. Agar mendapatkan relaksasi yang lebih lagi, kamu bisa menambahkan musik klasik dan lilin aromatherapy yang aromanya akan disebarkan angin dari AC.
Meningkatkan Produktivitas
Sebelumnya telah disebutkan, penggunaan AC pada ruangan dapat memberikan kenyamanan pada seseorang. Dalam kondisi nyaman seperti ini, seseorang akan cenderung bekerja atau beraktivitas dengan hati dan pikiran yang nyaman pula.

Menjaga Temperamen
Udara panas dapat menurunkan kinerja otak, sehingga menyebabkan peningkatan pada detak jantung dan tekanan darah. Dengan kata lain, AC juga dapat bermanfaat untuk menjagamu dari rasa emosi dan cepat marah.

Menghindari Dehidrasi
AC juga dapat melindungi kamu dari dehidrasi. Dehidrasi disebabkan oleh suhu panas yang berlebih, kemudian ketika berkeringat, cairan tubuh pun akan berkurang. Penggunaan AC ini akan mengrangi resiko kamu terkena dehidrasi karena AC menghilangkan suhu panas sebagai penyebab keringat.

Mengatasi Sulit Tidur
AC juga dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Suhu tubuh yang panas cenderung membuat seseorang menajdi sulit untuk tidur, pada kondisi seperti ini AC akan berperan untuk menetralkan suhu tubuhmu. Namun, jangan gunakan AC di suhu yang terlalu rendah, karena justru akan menggangu tidurmu.

Menjaga Suhu Ruang untuk Bayi
Ternyata Penggunaan AC juga berguna untuk kesehatan pada bayi. Bayi belum bisa mengatur suhu tubuhnya, dan di sini AC berperan untuk menstabilkan suhu tubuhnya. Selain itu, tentunya AC akan membuat tidur si kecil semakin nyenyak, serta akan mengurangi resiko dehidras, heatstroke, dan ruam kulit.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, terungkap bahwa penggunaan AC ternyata bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung. Hal ini dikarenakan penggunaan AC akan memengaruhi kebersihan udara dan suhu panas berlebih.

Semua manfaat AC itu hanya bisa didapatkan bila AC yang digunakan masih dalam kondisi prima, maka dari itulah untuk menjaga kondisi AC diperlukan service secara berkala, service paling sederhana adalah dengan Cuci AC agar saringan dan debu tidak terkumpul disaringannya.
Ini Manfaat Cuci AC Untuk Kesehatan Anda Ini Manfaat Cuci AC Untuk Kesehatan Anda Reviewed by Erna Wati on Mei 06, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar