Cara Sederhana Pencegahan Demam Berdarah di Rumah

Rumah yang kotor dan jarang dibersihkan tentunya dapat menciptakan berbagai penyakit, seperti demam berdarah. Semakin banyak tempat penampungan nyamuk maka risiko terkena demam berdarah juga akan meningkat. Mengingat dampak yang cukup serius, Anda bisa melakukan beberapa cara pencegahan demam berdarah

Pencegahan Demam Berdarah

1. Pasang Kelambu, Kawat atau Kasa Anti-Nyamuk
Adanya lubang di rumah, seperti jendela dan ventilasi memberikan jalan bagi nyamuk untuk masuk ke dalam rumah Anda. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan kasa nyamuk pada lubang tersebut. Beberapa macam kasa yang bisa Anda gunakan adalah magnet, kawat hingga jaring-jaring tipis untuk menghalau masuknya nyamuk. 

Anda juga bisa memasang kelambu di kamar tidur, tepatnya di sekitar ranjang atau tempat tidur agar tidak ada nyamuk yang mengganggu tidur Anda atau menggigit Anda ketika tidur. Pasangkan kelambu untuk mengelilingi ranjang. Cara ini juga bisa Anda lakukan ketika memiliki bayi karena bisa mencegah masuknya nyamuk. 

2. Menguras Bak Mandi Seminggu Sekali
Pada umumnya, nyamuk penyebab demam berdarah hidup di genangan air, seperti halnya bak mandi. Awalnya, nyamuk akan bertelur pada dinding bak mandi yang terisi air. Beberapa lama kemudian, telur tersebut akan menetas menjadi larva. Dari larva inilah kemudian akan tumbuh menjadi nyamuk dewasa.

Hal ini menunjukkan bahwa nyamuk menjadikan genangan air menjadi tempat untuk berkembangbiak. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk membersihkan bak mandi minimal seminggu sekali sebelum telur tersebut menetas. Kebiasaan ini dapat memutus siklus hidup nyamuk demam berdarah.

3. Bersihkan Wadah Air Lainnya
Bukan saja air yang ada di bak mandi, beberapa wadah yang tidak terpakai pun bisa membuat air menggenang sehingga dijadikan rumah oleh nyamuk demam berdarah. Periksa perabotan Anda, seperti kaleng, vas, ember, kaleng atau peralatan lain yang bisa menjadi sarang telur nyamuk. Buang air yang menggenang di peralatan tersebut. 

Selain menguras bak mandi sebanyak dua kali dalam seminggu, ada baiknya jika Anda juga melakukan pemeriksaan pada wadah-wadah di sekitar rumah. Setelah dibersihkan, tutup wadah dengan rapat untuk mencegah adanya sarang nyamuk. Jika perlu buang atau pendam wadah yang memang sudah tidak pakai. 

4. Jangan Menumpuk atau Menggantung Pakaian
Coba lihatlah di gantungan kamar Anda, adakah pakaian yang menggantung? Kebiasaan menumpuk pakaian inilah yang bisa menjadi penyebab banyaknya nyamuk yang berkeliaran di kamar Anda karena nyamuk menyukai tempat-tempat tersebut, seperti hinggap di pakaian yang menggantung atau barang yang menumpuk. 

Hindari menumpuk atau menggantung pakaian terlalu lama dan terlalu banyak karena bisa menjadi sarang nyamuk. Apabila ada pakaian yang sudah digunakan, tapi masih bersih, maka Anda bisa melipatnya kembali dan memasukkannya ke lemari atau langsung mencucinya sebagai pencegahan demam berdarah. 

5. Pakai Krim atau Lotion Anti-Nyamuk
Anda pasti sudah tidak asing dengan lotion atau krim anti-nyamuk. Krim ini biasanya digunakan ketika bepergian keluar keluar rumah, menonton TV atau sebelum tidur. Aroma yang diciptakan oleh krim atau lotion tersebut merupakan aroma yang dibenci oleh nyamuk sehingga mereka akan menjauhinya. 

Anda bisa mengoleskan krim anti-nyamuk seperti menggunakan lotion pada umumnya, tapi jangan terlalu banyak. Oleskan pada bagian tubuh yang tidak tertutupi pakaian, seperti kaki, tangan dan telinga. Dengan menggunakan krim ini, nyamuk akan menjauhi dari Anda sehingga tidak perlu takut untuk digigit. 

Itulah tadi beberapa cara sederhana untuk pencegahan demam berdarah yang bisa Anda lakukan di rumah. Tidak sulit bagi kita untuk melakukan pencegahan tersebut. Dengan usaha dan kemauan yang kuat, kita bisa hidup lebih sehat dan bersih, bebas dari penyakit. 
Cara Sederhana Pencegahan Demam Berdarah di Rumah Cara Sederhana Pencegahan Demam Berdarah di Rumah Reviewed by Erna Wati on Juli 24, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar