Perbedaan Mendasar Asuransi Konvensional dan Syariah


Asuransi Syariah Dan Konvensional
Seperti yang sudah diketahui jika asuransi berbasis syariah dijalankan berdasarkan prinsip tolong menolong dan saling membantu antar nasabah. Dengan begitu tujuan utama asuransi berbasis syariah yakni menguntungkan para nasabahnya. Nah berikut merupakan beberapa perbedaan mendasar antara asuransi konvensional dan asuransi syariah.
Fee atau Ujroh
Perusahaan asuransi berbasis Syariah mengenal adanya fee atau ujroh. Hal ini merupakan imbalan jasa terhadap risiko yang sudah dilakukan oleh perusahaan. Jadi jika Anda mendaftar sebagai anggota asuransi berbasis syariah maka uang yang Anda setorkan tak menjadi aset atau uang perusahaan yang tercantum pada laporan laba rugi melainkan premi yang Anda bayarkan akan tetap menjadi milik peserta asuransi. Hal yang satu ini juga sering disebut sebagai dana tabarru. Tersebut bisa Anda ambil sewaktu-waktu kapan saja ketika Anda mengajukan klaim asuransi.
Dapat Sistem Bagi Hasil Investasi
Dalam produk asuransi berbasis syariah, besarnya premi yang sudah Anda bayarkan akan tetap menjadi milik Anda. Sedangkan fee atau ujroh perusahaan merupakan hak perusahaan. Jadi premi yang sudah Anda bayarkan akan bersifat tetap. Sedangkan hak yang menjadi milik perusahaan akan tercatat dalam laporan laba rugi.
Bersifat Surplus
Pada umumnya besarnya premi yang dibayarkan dalam asuransi syariah satu periode lebih besar dibandingkan dengan klaim. Dengan begitu, kemungkinan nasabah bisa mendapatkan dana yang lebih besar dari jumlah klaim yang diajukan. Mengingat sifatnya yang surplus maka pada konsep asuransi berbasis syariah juga memiliki pemikiran investasi.
Modal Bersifat Mandiri
Beberapa asuransi ada yang merupakan merupakan perpanjangan tangan dari perbankan. Lain halnya dengan asuransi berbasis syariah di mana modal awal asuransi tersebut terpisah dengan akad perbankan. Hal ini tentu akan membuat pengelolaan klaim asuransi pada asuransi berbasis Syariah sangat berbeda dengan perusahaan asuransi konvensional.
Empat pilar di atas yang membuat asuransi berjenis syariah terlihat cukup berbeda dengan asuransi konvensional. Beberapa hal di atas pula yang mampu menjadikan asuransi berbasis syariah lebih diminati masyarakat. Anda juga bisa mendapatkan berbagai produk asuransi syariah dengan pilihan premi yang beragam hanya di allianz.co.id.
Perbedaan Mendasar Asuransi Konvensional dan Syariah Perbedaan Mendasar Asuransi Konvensional dan Syariah Reviewed by Erna Wati on November 24, 2019 Rating: 5

1 komentar

  1. terimakasih gan sangat berguna bagi nusa dan bangsa setanah air tanah indonesia
    poker online terpercaya 2020 tetap berjaya gan, salam merdeka!!

    BalasHapus