Tips Mengurangi Panas Laptop

Laptop Gaming

Jika Anda sering melakukan kegiatan dengan memakai laptop, tentu sering mengalami masalah ini yaitu laptop anda yang memiliki suhu panas sekali dan sudah mulai mengganggu dalam penggunaannya. Padahal Anda hanya menjalankan game game online ringan yang ada di Megaxus atau aktivitas lain yang tidak begitu berat lainnya. Beruntung kini sudah ada banyak sekali laptop dengan embel embel yang memiliki spesifikasi canggih dan unggul dibandingkan laptop produk vendor lainnya dengan fitur pendingin yang canggih dan mumpuni. Masalah overheating tidak akan Anda alami jika mengandalkan laptop gaming ini. 

Tapi jika laptop yang selama ini jadi teman berkegiatan Anda bukanlh laptoh mahal dan canggih tersebut yang sering overheating, coba simak tips untuk membuat laptop Anda bisa kembali ke suhu yang normal dan agar laptop Anda bisa lebih awet serta tidak cepat rusak.  Beberapa cara yang bisa Anda lakukan diantaranya : 


Bersihkan laptop dari debu

Cara pertama yaitu anda wajib cek dan membersihkan laptop dari debu. Karena debu adalah musuh utama dari semua perangkat elektronik, termasuk juga laptop. Debu bisa menghambat sirkulasi udara yang ada di perangkat elektronik dan bisa menyebabkan barang itu bisa menjadi cepat rusak dan panas. Cara ini memang agak sulit, karena Anda harus membuka chasing laptop atau notebook dan membersihkan bagian dalamnya dengan vacuum cleaner khusus notebook atau compressor. 

Jagalah jarak agar tidak terlalu dekat atau menyentuh bagian dalam dari laptop dengan tangan. Karena dikhawatirkan akan mengakibatkan rusaknya listrik dalam laptop. 

Ayo sekarang coba cek laptop anda yang mungkin sejak pertama kali beli sudah bertahun tahun hingga sekarang belum pernah sama sekali dibersihkan bagian dalamnya atau bagian kipasnya. Jika kalian kurang faham dengan bongkar membongkar bagian dalam laptop maka serahkan saja pada ahlinya , karena banyak kok toko komputer yang  menyediakan jasa membersihkan laptop atau kipasnya.

Mengganti thermal paste

Cara kedua ini juga cukup sulit karena Anda memerlukan beberapa alat, tidak hanya thermal paste nya saja. Jika Anda belum tahu apa itu thermal paste. Thermal paste adalah pendingin dengan bentuk pasta yang ditempelkan di antara processor dan heatsink. Ini berfungsi agar heatsink bisa menyerap panas dari processor sehingga processor nantinya tidak overheat. 

Membeli notebook cooler atau cooling pad

Alat ini adalah perangkat yang ditaruh dibawah notebook. Bentuknya penyangga atau kipas penyangga yang bisa memberi ruang untuk sirkulasi udara dari notebook. Biasanya, bagian bawah dari notebook yang digunakan untuk menyerap udara akan langsung tertempel pada bagian bawahnya. Sehingga tidak bisa memberikan ruang sirkulasi udara yang pas untuk notebook. 

Anda bisa membeli cooler sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat memilih merk yang mahal dengan kualitas yang terjamin, atau juga bisa memilih merk lokal dengan harga murah. 

Itu dia beberapa tips untuk Anda yang memiliki masalah laptop bersuhu panas. Semoga bisa mengembalikan suhu normal laptop Anda. Jika Anda ingin menjaga keawetan laptop, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik. Tetapi, jika Anda ingin memiliki laptop baru. Anda bisa memilih laptop ASUS ROG atau ASUS TUF Gaming. Tentu laptop ini bisa menemani aktivitas dan kegiatan Anda setiap harinya. Anda bisa membaca reviewnya di internet seperti di Blibli.com , atau Anda bisa melihatnya langsung di toko – toko elektronik terdekat.

Semoga tips tips singkat diatas bermanfaat dan menambah waawasan kita semua ya!
Tips Mengurangi Panas Laptop Tips Mengurangi Panas Laptop Reviewed by Erna Wati on November 13, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar