Beberapa Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Depresi

Bangun Pagi

Akhir-akhir ini, kata depresi menjadi salah satu kata yang dibicarakan oleh banyak orang. Kesadaran akan kesehatan mental menjadi hal yang sudah banyak diperhatikan. Tidak sedikit para influencer atau selebgram yang mendengungkan pentingnya kesehatan mental untuk mencegah depresi dan penyakit mental lainnya. Tentu saja sudah banyak orang yang berani bercerita bagaimana perjalanannya untuk melawan penyakit depresi yang diderita. Di bawah ini, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut.

Bangun lebih pagi
Bagi sebagian orang, bangun pagi merupakan suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Ada banyak sekali hambatan, mulai dari udara yang masih dingin, masih ada waktu untuk bersantai dan lain sebagainya. Akan tetapi, bangun pagi ternyata sangat baik untuk dilakukan agar depresi tidak mudah datang. Apalagi bagi orang-orang yang tidak bisa membawa dirinya melakukan banyak kegiatan langsung. Bangun pagi akan memberikan waktu bagi dirimu sendiri untuk bersiap melakukan kegiatan selanjutnya.

Motivasi diri
Meski awalnya terdengar aneh, tapi kamu perlu melakukan kebiasaan berbicara dengan diri sendiri. berbicara dengan diri sendiri akan membuat dirimu menjadi lebih semangat. Yakin, deh, tidak ada yang mampu membuatmu bersemangat kecuali dirimu sendiri. Ucapkan kalimat-kalimat yang membuatmu bersemangat di pagi hari. Dengan rajin berkomunikasi dengan diri sendiri, dijamin rasa percaya diri dan semangat akan langsung kamu dapat.

Olah raga
Sudah ada banyak sekali orang yang menyarankan untuk melakukan olah raga agar emosi negatif bisa tersalurkan dengan baik. Melakukan kegiatan fisik akan membuat mood atau perasaan menjadi lebih baik. Kamu juga bisa mencurahkan pikiran negatif dengan melakukan olah raga. Selain menjadi penyalur perasaan, melakukan olah raga juga akan membuat tubuhmu menghasilkan endorfin. Endorfin adalah zat dalam tubuh yang akan membuat dirimu menjadi lebih bahagia. Kamu bisa melakukan olah raga apapun yang menarik minatmu. Bila kamu merasa kesepian dengan melakukannya sendiri, kamu bisa mengajak teman dekat untuk melakukan olah raga bersama-sama.

Berbicara dengan teman
Ngobrol atau berbincang dengan teman menjadi salah satu cara paling mujarab yang bisa dilakukan untuk mencegah depresi secara berlebihan. kamu bisa menumpahkan semua kekesalan dan kegundahan yang kamu rasakan kepada orang tersebut. Akan tetapi, pastikan kamu memilih orang yang tepat, ya. Orang tepat yang dimaksud adalah orang yang bisa mendengarkan semua keluhanmu secara maksimal. Selain itu, pastikan orang tersebut bisa terpercaya agar ceritamu tidak disebarkan ke sembarang orang.

Beberapa cara di atas bisa menjadi kegiatan yang bisa langsung dilakukan. bila kamu sudah didiagnosa mengalami depresi, maka jangan pernah membolos pada sesi konsultasi dengan psikolog atau psikiater, ya. Semakin rajin kamu berkonsultasi, semakin cepat pula proses penyembuhannya.
Beberapa Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Depresi Beberapa Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Depresi Reviewed by Erna Wati on Desember 16, 2019 Rating: 5

1 komentar

  1. terimakasih gan sangat berguna bagi nusa dan bangsa setanah air tanah indonesia
    poker online terpercaya 2020 tetap berjaya gan, salam merdeka!!

    BalasHapus