Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar

Surat Pengunduran Diri

Jika anda telah memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat anda bekerja, alangkah baiknya jika anda membuat surat resign atau surat pengunduran diri. Memang, Bukan hal yang mudah untuk berbicara pada bos atau atasan anda tentang hal ini, tetapi tidak ada salahnya untuk memberikan langsung surat tersebut agar hubungan serta silaturahmi tetap berjalan dengan baik. Surat tersebut idealnya diberikan 2 minggu sebelum hari terakhir bekerja, hal tersebut memang normal dalam proses pengunduran diri dari sebuah perusahaan, dan biasanya jadwal tersebut nantinya kan diatur oleh bagian HRD atau atasan anda. Kami telah merangkum langkah langkah pembuatan surat pengunduran diri agar anda tidak lagi kebingungan untuk mengisi kata kata dalam surat tersebut, mari simak langkah langkah berikut ini : 

1. Dasar Dasar Surat Pengunduran Diri
Tidak perlu melakukan sungkan atau menjadi kreatif pada awalnya, cukup sebutkan posisi Anda mengundurkan diri dan tanggal efektif dari hari terakhir anda bekerja. Meskipun anda mungkin memberi tahu alasan kepada atasan tentang alasan anda untuk mengundurkan diri, anda tidak perlu menjabarkannya di sini, membiarkan nya tetap sederhana tidak menjadi masalah.

Yth. [Nama Atasan Anda],

Harap terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi bahwa saya mengundurkan diri dari posisi saya sebagai [jabatan anda] dengan [Nama Perusahaan]. Hari terakhir saya adalah [hari terakhir anda — biasanya dua minggu dari tanggal anda memberi pemberitahuan].

2. Ucapan Terima Kasih
Selanjutnya, sebuah ide yang baik untuk berterima kasih kepada atasan anda atas kesempatan ini, menjelaskan beberapa hal penting yang anda nikmati dan pelajari di tempat kerja tersebut. Dan ya, ini sesuatu yang normal ketika anda hendak mengundurkan diri. Ingat, Anda mungkin membutuhkan orang-orang ini sebagai referensi di suatu hari, dan meninggalkan hal-hal dengan catatan yang baik akan memberi kesan yang positif selamanya.

3. Serah Terima
Terakhir, nyatakan kesediaan anda untuk membantu transisi. Anda tidak perlu membahas detail yang lebih dalam (dan juga jangan menjanjikan apa pun yang tidak dapat anda lakukan), tetapi beberapa baris yang menyatakan bahwa anda akan memastikan penyelesaian tugas anda dengan lancar akan menunjukkan bahwa anda dalam akan bekerja dengan optimal sampai akhir.

Cukup mudah bukan? Jika anda masih bingung dengan isi surat tersebut, kami akan memberikan contoh surat pengunduran diri dibawah ini : 

Kepada Bapak Rahman Budiman yang terhormat,

Harap terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi bahwa saya mengundurkan diri dari posisi saya sebagai Eksekutif Akun di Media Pemasaran. Hari terakhir saya adalah Kamis, 2 Februari.

Terima kasih banyak atas kesempatan untuk bekerja di posisi ini selama enam tahun terakhir. Saya sangat menikmati dan menghargai peluang yang saya miliki untuk menumbuhkan tim penjualan dan tim cabang kami, menjadi bagian dari menciptakan produk yang hebat, dan bekerja sama rekan kerja yang luar biasa, serta saya telah belajar banyak tentang strategi pemasaran dan digital ruang media, yang pasti akan saya bawa sepanjang karier saya.

Saya akan melakukan segala kemungkinan untuk menyelesaikan tugas saya dan melatih anggota tim lainnya selama dua minggu ke depan. Harap beri tahu saya jika ada hal lain yang dapat saya lakukan untuk membantu selama transisi ini.

Saya berharap perusahaan terus sukses, dan saya berharap untuk tetap berhubungan di masa depan.

Hormat saya,
Vinna Januarita.
Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar Reviewed by Erna Wati on Januari 30, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar