Inilah Penyebab Umum Rambut Rontok yang Harus Diantisipasi

Rambut Rontok

Setiap orang pasti sudah pernah mengalami persoalan rambut rontok. Hal ini dapat dipastikan terjadi karena banyak sekali penyebab kerontokan rambut. Tak hanya karena tertarik ketika menyisir rambut, namun juga dipicu oleh berbagai persoalan. Ingin tahu apa saja penyebabnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Gaya Rambut
Dilansir dari hellosehat.com, gaya rambut menjadi salah satu penyebab umum rambut rontok. Tanpa disadari, banyak orang menerapkan gaya rambut yang mengikuti tren dan menggantinya jika sudah bosan. Kecenderungan ini memicu lebih mudahnya mengalami kerontokan rambut. Penerapan gaya rambut tersebut tentu melibatkan berbagai alat stylish  yang sumber panasnya mengakibatkan rapuhnya struktur rambut itu sendiri. Akibatnya, lama kelamaan terdapat efek yang menyertainya yaitu rambut yang menjadi rapuh.

Menurut American Academy of Dermatology, Anda dianjurkan untuk memakai kondisioner setiap setelah keramas untuk mengantisipasi persoalan ini. Jika ingin mengubah gaya rambut, gunakan treatment yang sederhana dan jangan terlalu sering, terlebih jika disertai dengan pewarnaan rambut.

2. Kekurangan Nutrisi
Dalam kasus kerontokan rambut ini, kekurangan nutrisi juga menjadi pemicu umum yang utama. Karenanya, hal ini harus diketahui dan diantisipasi sejak dini. Sebelum terlanjur parah atau sebelum mengalaminya, alangkah baiknya menerapkan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi untuk rambut. Dengan mengonsumsi makanan sehat bernutrisi tersebut, kekuatan rambut akan terjaga dan tidak mudah rontok.

Caranya adalah dengan mengonsumsi protein, zat besi, vitamin, dan mineral yang sangat berkhasiat untuk menyehatkan rambut. Struktur dan tekstur rambut akan terjamin. Makanan yang bisa dikonsumsi adalah buah-buahan, sayuran, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan berbagai sumber mineral lainnya.

3. Stres
Penyebab umum rambut rontok berikutnya adalah stres. Seseorang yang mengalami stres akan mengalami berbagai persoalan pada tubuhnya. Dalam beberapa kasus, stres ini juga akan mengurangi atau bahkan menghilangkan nafsu makan. Akibatnya, seseorang akan kekurangan asupan gizi, termasuk gizi untuk rambut. Mengingat berbagai efek yang tidak baik ini, upayakanlah untuk pandai mengontrol stres. Dengan cara ini, persoalan rambut rontok bisa diatasi dan dicegah agar tidak dialami.

4. Anemia
Anemia atau kekurangan darah adalah suatu kondisi yang memicu kerontokan rambut. Hal ini bisa terjadi karena kandungan hemoglobin (protein pembawa oksigen dalam sel darah merah) berkurang jumlahnya. Akibatnya, jumlah protein sebagai zat pembangun dan oksigen sebagai penyuplai energi dalam proses metabolisme akan berkurang. Rambut akan menjadi rapuh dan rontok.

5. Efek Samping Obat-Obatan
Mengonsumsi obat-obatan medis juga menjadi penyebab umum rambut rontok. Efek samping pemakaian obat medis ini dapat diantisipasi dengan menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun agar tidak mudah sakit. Beralih ke obat yang alami juga bisa dilakukan.

6. Perubahan Hormonal
Perubahan hormonal menjadi penyebab umum rambut rontok dari sisi internal yang tergolong sangat berpengaruh. Pengaruh hormonal ini bisa disebabkan karena perubahan hormon secara alami, pemakaian obat hormonal, atau tindakan penanganan medis. Perubahan ini dapat dialami oleh ibu hamil, ibu menyusui, wanita yang mengonsumsi pil KB, dan orang yang menjalani pengobatan yang memengaruhi peubahan hormon.
Semua faktor internal dan eksternal di atas memang memicu kerontokan rambut yang sangat perlu diantisipasi. Jika memang sudah terjadi, maka Anda harus segera mengatasinya dengan melakukan penanganan efektif dan rutin, sampai persoalannya teratasi. Apabila belum terjadi, semua penyebab umum rambut rontok di atas sangat perlu diketahui agar bisa melakukan upaya pencegahan. Lebih dari itu, Anda harus melakukan perawatan rutin agar rambut yang sudah sehat dan kuat tetap terhindar dari berbagai persoalan.

Sumber Artikel:
www.alodokter.com
hellosehat.com

Sumber Gambar:
www.alodokter.com
Inilah Penyebab Umum Rambut Rontok yang Harus Diantisipasi Inilah Penyebab Umum Rambut Rontok yang Harus Diantisipasi Reviewed by Erna Wati on Januari 14, 2020 Rating: 5

1 komentar

  1. terimakasih gan sangat berguna bagi nusa dan bangsa setanah air tanah indonesia
    poker online terpercaya 2020 tetap berjaya gan, salam merdeka!!

    BalasHapus